Selasa, 10 Juli 2012

IKAN LELE ASAP (pengasapan ikan lele)


TUGAS AGRIBISNIS KELAUTAN
IKAN LELE ASAP

                             







         Oleh
 Nyamirin               
    (100341100017)









KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
 JURUSAN KELAUTAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
2012


IKAN LELE ASAP
1.      Segmen Pasar
Bisnis lele saat ini menjadi salah satu prospek bisnis yang menguntungkan bagi tiap daerah penghasil lele. Tidak hanya bisnis budidaya lele saja yang menghasilkan keuntungan besar, namun bisnis berbagai macam olahan lele pun juga dapat memberikan penghasilan yang cukup besar bagi para pelaku usaha.
Saat ini hasil olahan lele memiliki berbagai variasi menu, bermula dari menu pecel lele yang sering dicari konsumen. Kini dengan adanya kreativitas dari para pengusaha, ikan lele dapat diolah menjadi menu unik seperti abon lele, keripik tulang lele, kerupuk lele, dendeng lele, es krim lele, nugget lele, hingga mangut lele.


2.      Keberadaan Produksi lain
Melimpahnya hasil panen lele, sering membuat harga jual ikan lele rendah. Oleh karena itu awalnya ikan lele lebih diminati oleh masyarakat kalangan bawah karena harganya yang terjangkau.
Namun dengan adanya inovasi pada bisnis lele yang mampu menepis anggapan rendah pada ikan lele. Dengan mengolah ikan lele menjadi hasil olahan makanan yang enak, unik, serta kemasan yang menarik, mampu meningkatkan nilai jual ikan lele di pasaran. Maka tak heran jika saat ini keadaannya terbalik, produk olahan ikan lele digemari semua kalangan masyarakat. Dari yang awalnya tidak suka dengan ikan lele, kini mencari produk abon lele, keripik tulang lele, kerupuk lele, dendeng lele, es krim lele, nugget lele, hingga mangut lele kaleng untuk dijadikan sebagai oleh – oleh yang praktis.
3.      Target Produksi
           Setelah melihat minat pasar yang begitu besar akan produk bisnis olahan lele, yang     haru dilakukan yaitu mulai menjalankan bisnis lele tersebut. Berikut langkah-langkah kami  untuk sukses dalam menjalankan bisnis lele :
ü  Untuk bahan baku lele, sebaiknya mencari ikan lele langsung dari tempat budidaya yang ada di sekitar lokasi usaha kita
ü  Yang kedua  membuat menu resep baru olahan lele yang belum ada dipasaran, untuk menarik minat para konsumen
ü  Hal ketiga yang perlu dipehatikan yaitu kualitas produk yang dihasilkan. Sebaiknya perhatikan kualitas rasa, serta kualitas penampilan produk. Sehingga hasil produk yang dijual sesuai dengan harga jual yang ditawarkan.
ü  Dan yang ke empat yaitu strategi pemasaran yang digunakan. Walaupun bisnis lele dengan berbagai menu unik masih memiliki pasar yang cukup luas, tetapi strategi pemasaran juga masih sangat dibutuhkan


4.      Cara Produksi
Menu masakan  lele asap ini  memang sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat. Baik dari kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas pun banyak yang menyukai menu yang satu ini. Harganya yang relatif murah, menjadikan menu pecel lele sebagai santapan para mahasiswa hampir setiap malam.
5.      Lokasi
Usaha ini dapat dilakukan dimana saja yang terpenting adalah tempat itu strategis baik di restoran,kedai,warung maupun bisa langsung memesan pada tempat yang menyediakan lele asap ini.
6.      Sarana Dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang dibutuhkan yaitu bahan baku yaitu lele dalam jumlah yang kami pesan dan mungkin jasa seseorang untuk melihat kualitas lele tersebut layak konsumsi atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar